Debat Publik Cagub Sulteng Berlangsung Lancar Dan Aman

Moh.Nasir Tula (14/10/2015 )

beritasulteng, Palu- Bertempat di Convention Hall Swissbell Hotel debat Calon Gubernur ( Cagub) dan Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng, dua pasangan yakni Drs.H.Longki Djanggola, M.Si (Cagub), H.Sudarto,SH.M,Hum (Wagub) yang di usung oleh Partai Gerindra, dengan Pasangan H.Rusdi Mastura (Cagub), H.Ihwan Datuadam ,SE (Wagub) di usung melalui Partai Golkar.

Debat publik kandidat yang disiarkan langsung oleh stasiun TVRI Sulteng menjadi perhatian khalayak publik dan masyarakat Sulteng pada khususnya, baru pertama kali yang di helat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Prop.Sulteng, pada Selasa Malam (13/10/2015) Pukul 20.00 sampai 22.30 Wita.

Hasil Pantauan media ini, Sebelum acara dimulai diawali dengan Medley lagu daerah Tananggu Kaili, Doni Dole, Banggai TanaMonondok dan Baolalipu yang dibawakan oleh dua penyanyi daerah Sulteng Farah Latief dan Geovani. Setelah itu dua pasangan Cagub dan seluruh tamu undangan baik yang di dalam gedung utama maupun yang di halaman parkir Swissbell hotel para Tim sukses dan masyarakat umum serta aparat keamanan turut menyanyikan lagu Indonesia raya sebelum acara utama di laksanakan.

Debat pertama ini mengambil tema “ Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Pelayanan Publik”, yang sebagai moderator acara dosen Ekonomi Universitas Tadulako (UNTAD) Palu Rizali Djaelangkara, M.Si, dan secara langsung diberikan kesempatan pertama Ketua KPU Prop.Sulteng Sahran Raden membawakan sambutan.

Selepas itu moderator mempersilahkan ke pada nomor urut satu Paslon Rusdi – Ihwan naik ke panggung utama dan di susul selanjutnya Paslon Longki – Sudarto, selanjutnya ke dua Pasangan Calon (Paslon) di persilahkan memberikan pendalaman terkait Visi – Misi dengan waktu empat menit.

Debat Paslon di berikan waktu tiga menit dalam menjawab pertanyaan moderator terkait pertanyaan yang menyangkut tema peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik. Dalam debat pertama ini terbagi enam segmen yang di mana dari dua Paslon di berikan waktu satu dan dua menit saat masing – masing memberikan pertanyaan, menjawab, menanggapi dan kembali memberi argumen.

Acara berlangsung lancar dan aman walaupun di luar gedung utama para masing – masing Tim kandidat dan relawan saling berteriak memberikan orasi dukungan saat Paslon memberikan jawaban baik itu pertanyaa dari moderator ataupun dari Paslon. Nampak aparat keamanan dari Polda dan Polres serta TNI dari Danrem 1302 Tadulako berjagah di sekitaran lokasi tersebut, sehingga sampai selesai debat publik Paslon tidak ada terjadi keributan dari dua Tim sukses Paslon.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>