Wagub Sulteng Menutup Lomba P3A Tingkat Prov.Sulteng

Moh.Nasir Tula (01/11/2015)

beritasulteng, Palu- Wakil Gubernur (Wagub) Prov.Sulteng  H. Sudarto, SH, M.Hum menutup Lomba P3A (Perhimpunan Petani Pemakai Air) dan GP3A (Gabungan Perhimpunan Petani Pemakai Air) Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2015, di Hotel Rama Garden, pada Jumat (30/10/2015).
Lomba berlangsung selama 2 hari dan telah dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. B. Elim Somba, M.Sc pada Rabu(28/10).
Jumlah P3A yang berpartisipasi sebanyak 24 sedang GP3A sebanyak 20, mewakili 11 kabupaten/kota se Sulteng.
Menurut Kepala Dinas Pertanian Ir. Trie A. Lamakampali, M.Si, selain bonus berupa uang tunai dan piala, pemenang pertama P3A dan GP3A Tahun 2015 akan dikirim studi banding ke Jawa Barat.
Atas selesainya lomba, Wagub memberikan apresiasi pada P3A dan GP3A. “Keberadaan saudara di lapangan sangat penting dan strategis dalam mengelola sistem keirigasian, cara membagi air dengan baik dan benar sehingga saudara-saudara jadi ujung tombak ketahanan pangan” ujar wagub.
Ditambahkan wagub dengan sistem pengairan yang baik akan berkorelasi dengan naiknya produktivitas pangan.
“Air ini sangat diperlukan sekali, petani butuh air, pupuk, benih, pestisida dan pembinaan kalau itu terjadi petani-petani Kita akan berhasil,” tambahnya.
Wagub juga berharap supaya momentum lomba diefektifkan sebagai sarana belajar demi sukses lancarnya tugas-tugas di lapangan.
“Di dalam lomba saudara-saudara bisa menguji kemampuan bagaimana cara-cara me-manage air sebab kalau tidak dikelola baik, (petani) bisa berebutan dan berkelahi gara-gara air,” jelas wagub. “Saya ucapkan terima kasih dan salut pada kalian, di pundak saudara ketahanan pangan bisa berhasil,” sambungnya.
Disamping mengomentari tugas-tugas P3A, secara eksplisit wagub meminta kadis supaya hadiah lomba tahun depan lebih ditingkatkan.
“Hadiah jangan yang kecil Bu Trie tapi yang besar supaya mereka semangat mengatur air di tempatnya masing-masing,” pesan wagub pada kadis pertanian.
Berdasarkan penilaian dewan juri, juara pertama P3A dimenangi P3A Nasintora dari Kab. Tojo Unauna dengan nilai 385,20 dan GP3A dimenangi GP3A Tirta Sukamaju Kab. Parigi Moutong dengan nilai 493,56.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>