Sosialisasi Keselamatan Dan Keamanan Mengemudi Di Jalan Raya

Moh.Nasir Tula (01/11/2015)

beritasulteng, Palu- Fatalitas akibat lakalantas (kecelakaan lalu lintas) di Indonesia masih sangat tinggi. Tahun 2014 saja lebih kurang 28.297 orang harus meregang nyawa di jalan raya akibat lakalantas ungkap Kombes Pol. Pujiono mewakili Kakorlantas Polri saat menerangkan pentingnya keselamatan berkendara pada Kegiatan Safety Riding (Keselamatan/Keamanan Mengemudi) “Menuju Indonesia Tertib Bersatu Keselamatan Nomor Satu”, Sabtu (31/10), di Halaman TVRI Sulawesi Tengah. Acara yang diprakarsai PT Jasa raharja dan Korlantas Polri tersebut dihadiri Asisten Pemerintahan Moh. Arif Latjuba, SE, M.Si mewakili Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si.

Kegiatan juga dihadiri Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tengah Suratno, SE, MM, Kadis Pendapatan Daerah Prov. Sulteng Drs. Abd. Wahab Armain, MM, jajaran Polda Sulteng, Dirlantas dan Polres Palu serta anggota komunitas motor.

Dengan bertambahnya jumlah kendaraan di Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu, akibat meningkatnya perekonomian, aktivitas dan mobilitas warga, mestinya dibarengi pula dengan peningkatan kesadaran dan tanggungjawab saat mengemudi di jalan raya.

Olehnya itu, kegiatan tersebut dinilai gubernur sangat strategis sebagai sarana edukasi, persuasi dan sosialisasi akan pentingnya menomorsatukan keamanan dan keselamatan bagi pengendara bermotor di jalan raya.

“Keselamatan/keamanan berlalu lintas bisa dimulai pada hal-hal berikut, menggunakan helm standar, memastikan kelengkapan dokumen dan kondisi kendaraan yang akan digunakan serta pengetahuan pada rambu-rambu lalu lintas yang juga tak boleh diabaikan,” ungkap asisten saat membaca sambutan gubernur.

“Kiranya (kegiatan safety riding) dapat bersama-sama kita manfaatkan guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaran berlalu lintas yang aman, tertib dan nyaman,” lanjut Asisten Arif Latjuba mengungkapkan harapan gubernur.

Lebih lanjut dalam sambutannya gubernur mengimbau semua pihak terus menjaga komitmen dan kerjasama dalam menyukseskan Gerakan “Menuju Indonesia Tertib Bersatu Keselamatan Nomor Satu”

“Sehingga gerakan ini bukan cuma jargon belaka tapi benar-benar jadi aksi nyata yang harus diperjuangkan,” pungkas Asisten.

Pada kesempatan itu, sebelum simulasi dimulai, tim instruktur terlebih dahulu mensosialisasikan Tri Siap. Tri Siap meliputi siap dan taat terhadap peraturan, siap fisik bagi pengemudi dan siap kendaraan bermotor.

Selanjutnya, satu persatu anggota Polantas mendemokan safety riding, mengendarai motor sport dan motor bebek saat melawati lintasan lurus dan berbelok di halaman TVRI Sulteng.

 

 

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>