Pemprop Sulteng Gelar Rapat Persiapan Event Gerhana Matahari

Moh.Nasir Tula (12/11/2015)

beritasulteng, Palu- Asisten II Gubernur Sulawesi Tengah Bidang Pemerintahan, Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Ir. Bunga Elim Somba, M.Sc. mewakili Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Event Gerhana Matahari Total (Total Solar Eclipse [TSE]) 2016 di Ruang Polibu, Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, 3 November 2015.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur FORKOPIMDA dan para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Pj. Bupati Tojo Una-una, para perwakilan kabupaten/kota di Sulawesi Tengah yang menjadi titik gerhana total, yaitu Kota Palu, Kabupaten Sigi, Poso, Tojo Una-una dan Parigi Moutong, serta para stakeholder terkait.
Dalam rapat koordinasi ini dibahas beberapa persiapan untuk mesukseskan event Gerhana Matahari Total (Total Solar Eclipse) 2016 di antaranya mengenai draft Struktur Kepanitian (SK) dan draft pelaksanaan kegiatan.
Kesiapan infrastruktur akomodasi, transportasi, penetuan titik lokasi untuk menyaksikan gerhana matahari total, signage (papan petunjuk), pusat informasi tempat wisata, dampak pelaksanaan kegiatan, dan pengamanan turis lokal dan mancanegara menjadi beberapa hal yang didiskusikan dalam rpata koordinasi kegiatan ini.
Event yang rencananya akan dikemas melaui pertunjukan musik dan seni, workshop lokal dan internasional dengan fasilitas Camping Ground (Bumi Perkemahan) yang ramah lingkungan ini akan dapat disaksikan di 6 provinsi yang ada di Indonesia, yaitu Provinsi Sulamtera Selatan, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Maluku Utara, di 12 kota/kabupaten, yaitu, Kota Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso dan Halmahera.

Event Gerhana Matahari Total 2016 diharapkan menjadi momentum besar nan bersejarah. Masyrakat Sulawesi Tengah kiranya dapat mengambil peran dalam mensukseskan acara tersebut, terutama untuk menyampaikan kepada dunia internasional mengenai Sulawesi Tengah serta segala keunikannya, dan dapat menjadikan Desa Negatabaru sebagai pilihan destinasi budaya dan pariwisata di tingkat nasional bahkan internasional di masa mendatang, yang tentunya dapat menambah nilai ekonomi secara langsung bagi daerah Sulawesi Tengah.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>