Polres Palu Sampaikan Peran Dan Strategi Polri Berkaitan Dengan Pemilukada

Moh.Nasir Tula (14/11/2015)

beritasulteng, Palu- Dalam rangka terwujudnya Pemilu tahun 2015 yang aman dan tertib, maka dengan ini Polres Palu turut serta berkontribusi dalam menyampaikan peran dan dan startegi Polri pada daerah yang rentan terhadap konflik pada Pemilu tahun 2015 di Kota Palu.
Kegiatan berlangsung Pada hari Jumat tanggal 13 November 2015 bertempat di AULA PSBR Jalan Tomampe nomor 4 (empat) pada pukul 08.30 WITA telah dilaksanakan kegiatan Dialog Publik dengan tema Peningkatan Partisipasi Publik pada Pemilukada Kota Palu menuju demokrasi politik Indonesia yang berasaskan Pancasila yang diselenggarakan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia.
Pada kesempatan itu Kepolisian Resor Palu yang diwakili oleh Kanit Bintibmas Sat Binmas Polres Palu Ipda Slamet Sinaga, turut hadir sebagai narasumber dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas (keamanan dan ketetriban masyarakat). Selain Kepolisian Resor Palu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat dan Lurah Se-Kota Palu, ormas, OKP, tokoh agama, Partai Politik Kota Palu, Pengurus BEM se Kota Palu dan perwakilan pelajar Kota Palu.
Adapun materi yang disampaikan oleh pihak Kepolisian Resor Palu adalah mengenai Peran dan strategi Polri dalam deteksi dini terhadap daerah yang rentan terhadap konflik pada pemilu di Kota Palu. Peran dan strategi Polri dalam hal ini mencakup kegiatan pre-emtif, preventif dan represif. Preemtif berarti Polri melakukan pemetaan terhadap kerawanan-kerawanan sosial yang bersumber dari proses pentahapan pelaksanaan Pemilu dan juga Deteksi dini dan pengkajian secara berkesinambungan setiap perkembangan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat yang potensial dan dapat menimbulkan konflik baik vertikal maupun horizontal.
Sedangkan untuk upaya preventif, akan dilaksanakan kegiatan seperti menggelar operasi cipta kondusif untuk memantapkan kondisi Kamtibmas agar tetap kondusif selama berlangsungnya tahapan Pemilu dan juga kegiatan –kegiatan pembentukan forum komunikasi. Setelah preemtif dan preventif, Polri juga akan melakukan tindakan – tindakan Represif yaitu Penegakan hukum terhadap pelaku pelanggaran hukum secara tuntas, tegas, tidak diskriminatif dengan tetap menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia dan supremasi hukum, dengan dukungan petugas yang bekerja secara profesional, proporsional, dan prosedural. Kegiatan berlangsung dengan aman dna terkendali dan menuai apresiasi yang positif dari semua pihak yang terlibat
Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah dalam rangka memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan Pemilu dalam bentuk sosialisasi sehingga dapat dicapai sinergitas terhadap pihak-pihak yang terlibat, sehingga pada setiap tahapan Pemilu akan berlangsung aman dan tertib.
Besar harapan Kapolres Palu beserta staf dan Bhayangkara agar masyarakat dapat sepakat untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan tetrib di tahun 2015 ini. Sepakat disini berarti masyarakat menyetujui bahwa keamanan Pemilu tahun 2015 ini merupakan tanggung jawab bersama.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>