POLRES PALU GELAR LATIHAN OLAH TKP PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN

berita kiriman Polres Palu (17/11/2015)

beritasulteng, Palu- Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang Olah TKP bagi seluruh anggota Polres Palu, dan merupakan Rencana Kegiatan yang disusun oleh Polres Palu dengan ini Polres Palu melaksanakan kegiatan latihan Olah Tempat Kejadian Perkara yang diselenggarakan di mako Polres pada hari Senin tanggal 16 November 2015, pukul 08.00 WITA.
Kepolisian Resor Palu telah melaksanakan kegiatan Latihan Olah Tempat Kejadian Perkara dengan tema olah TKP pencurian dengan pemberatan bertempat di Mako Polres Palu. Kegiatan ini berlangsung setelah apel pagi dan di ikutioleh seluruh anggota Polres Palu. Pada kesempatan tersebut kegiatan dipimpin oleh KBO Sat Reskrim Polres Palu Ipda M. Tarigan, SH dan diperagakan oleh anggota Identifikasi dari Sat Reskrim Polres Palu. Latihan olah TKP pencurian dengan pemberatan ini meliputi latihan bagaimana cara kita memasuki TKP, bagaimana cara mengamankan barang bukti, dan pengecekan sidik jari pelaku.
Selanjutnya dilakukan pemasangan garis Polisi disekitar area tempat kejadian, Selain itu dalam penanganan TKP diperlukan ketelitian dan kehati-hatian agar barang bukti yang ada di TKP tidak hilang dan rusak. Dalam Latihan Olah TKP pada kesempatan ini, diperagakan apa yang seharusnya dilakukan anggota saat melakukan olah TKP disebuah rumah yang telah mengalami pencurian. Dimana kejadian tersebut termasuk dalam Pencurian dengan pemberatan dan diatur pada pasal 363 KUHP. Rumah yang telah dicuri tersebut termasuk dalam pencurian dengan pemberatan karena memenuhi unsur – unsur dimana pencuri tersebut telah melakukan tindakanmembongkar dan mematahkan. Kegiatan berlangsung aman dan terkendali dan mendapat antusiasime yang positif dari para personil.
Tujuan diadakannya latihan Olah tempat Kejadian perkara ini adalah untuk menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan serta pengetahuan seluruh anggota Polres Palu dalam olah TKP jika terjadi tindak pidana atau kejadian yang terjadi.
Latihan Olah TKP tersebut dilakukan dengan sebuah tujuan agar dapat mengasah kemampuan seluruh para personil Polres Palu, jadi tidak hanya ditujukan untuk anggota yang bertugas di Sat Reskrim. Sehingga diharapkan para personil dapat melaksanakan kegiatan tersebut dengan sungguh – sungguh dan dapat memahami dengan baik.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>