PERTEMUAN PLT. SEKRETARIS DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH DENGAN PANITIA EKSPEDISI KAPSUL WAKTU 2085

Muh. Nasir Tula / Kiriman Biro HUMAS (21/11/2015)

beritasulteng, Palu-

Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dra. Derry B. Djanggola, M.Si didampingi oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. Ridwan Mumu, M.Si memimpin Rapat Pertemuan dengan Panitia Daerah Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 di Ruang Kerja Asisten III Gubernur Sulawesi Tengah, Rabu (18/11).

Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan ini adalah mengenai persiapan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Daerah Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong terkait dalam menyambut kegiatan Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 yang nantinya akan melintasi daerah Sulawesi Tengah.

Kegiatan Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 adalah kegiatan yang diselenggarakan untuk mewujudkan impian masyarakat Indonesia di berbagai kota pada 70 tahun mendatang. Ekspedisi kapsul waktu ini merupakan rangkaian ‘Gerakan Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka’ yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo. Ekspedisi ini dapat merangkul beraneka harapan tentang Indonesia dari semua komponen bangsa yang berpotensi mengangkat pariwisata daerah, khususnya kebudayaan dan kesenian daerah.

Kapsul Waktu tersebut berisikan surat tentang mimpi dan harapan anak-anak se-Indonesia di masa yang akan datang di setiap provinsi yang akan disimpan dalam sebuah monumen khusus dan akan dibuka dan dipertunjukan pada tahun 2085.

Selama kurun waktu tersebut, Monumen Nasional Ayo Kerja atau Tugu Peringatan Kapsul Waktu 2085 yang akan dibangun digunakan untuk memamerkan Kapsul Waktu yang berisikan surat tentang mimpi dan harapan anak-anak dari 34 provinsi yang ada di Indonesia dan 1 Kapsul Waktu mimpi dari Presiden Joko Widodo. Hal ini tentunya menjadikan Tugu Peringatan Kapsul Waktu 2085 sebagai objek wisata yang tentunya berdampak pada sektor pariwisata dan ekonomi di daerah.

 

Sesuai jadwal yang telah direncanakan, ekspedisi ini dimulai dari Provinsi Aceh pada tanggal 22 September 2015 dan akan berakhir di Merauke pada tanggal 22 Desember 2015. Ekspedisi ini diharapkan dapat memberi efek optimisme persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara, serta dapat menjadikan daerah lebih maju dan mandiri.

Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 akan tiba di Provinsi Sulawesi Tengah dari Provinsi Sulawesi Barat pada tanggal 29 November 2015. Kapsul Waktu 2085 akan berada di Sulawesi Tengah selama 2 hari, tepatnya sehari di Kabupate Donggala dan Kota Palu, dan sehari di Kabupaten Parigi Moutong.

Setibanya di Pelabuhan Donggala, Kapsul Waktu 2085 akan disambut dengan upacara adat, kemudian menuju Kota Palu dan dipamerkan di Anjungan Nusantara dan disambut dengan seremoni penerimaan dan penampilan kesenian. Pada acara puncak, akan dibacakan Piagam 7 Harapan Masyarakat Sulawesi Tengah sekaligus Sambutan Gubernur Sulawesi Tengah dan Sambutan Presiden Republik Indonesia, serta Penandatanganan Piagam Peletakan Batu Pertama Pembangunan Monumen Nasional Ayo Kerja.

Keesokan harinya, Kapsul Waktu 2085 akan menuju ke Kabupaten Parigi Moutong dengan disambut dengan upcara adat, untuk selanjutnya dilepas ke Provinsi Gorontalo.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>