Pemprop Sulteng Peringati Hari AIDS Se Dunia 2015

Moh.Nasir Tula / Kiriman Humas Sulteng (01/12/2015)

beritasulteng, Palu- Peringatan Hari AIDS sedunia tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2015 berlangsung meriah dengan melibatkan sejumlah stakeholder, mulai  KPA ( Komisi Penanggulangan AIDS), SKPD di lingkup pemprov Sulteng, perbankan, mahasiswa dan pelajar serta LSM. Acara sendiri dipusatkan di Pelabuhan Pantoloan, Selasa(01/12) dan dihadiri Plt Sekda Dra. Hj. Derry B. Djanggola, M.Si mewakili gubernur yang juga merangkap Ketua KPA Prov. Sulteng.
Peringatan tahun ini mengangkat tema “Perilaku Sehat” dengan subtema “Kita hebat, berani beraksi, saatnya semua bertindak untuk perilaku sehat” khusus insan perhubungan, subtema yang diusung adalah “Masyarakat transportasi siap mendukung pencegahan AIDS.”
Pemilihan subtema spesifik bagi insan perhubungan tersebut bertujuan mengingatkan tentang rawannya penularan AIDS melalui sektor transportasi karena interaksi dan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi di sektor tersebut. Terlebih lagi Kementerian Perhubungan ikut menjadi anggota KPA nasional sehingga punya andil penting di daerah dalam melindungi masyarakat transportasi dari bahaya HIV AIDS.
Sementara itu, diakui gubernur bahwa ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) di Sulteng masih rentan menerima perlakuan diskriminatif. “Masih banyak pemahaman yang keliru dan stigma negatif yang memicu diskriminasi,” ujar plt sekda melanjutkan arahan gubernur. Padahal virus tersebut tidak akan menular lewat jabat tangan atau melalui bentuk hubungan sosial lainnya selain lewat hubungan seksual, transfusi darah, pemakaian jarum narkoba suntik dan penularan dari ibu ke bayi saat kehamilan, melahirkan atau lewat ASI. Karenanya edukasi dan sosialisasi perlu diintensifkan, harap gubernur.
Terkait jumlah penderita HIV AIDS di Sulteng, sejak pertama kali kasus itu ditemukan pada tahun 2002 terus mengalami peningkatan. Sekarang saja jumlah penderita yang terdata lebih kurang 362 penderita AIDS dan 616 HIV. “Perlu dilakukan upaya intensif, terkoordinir dan sinergi dengan semua pihak,” seru gubernur selaku ketua KPA melalui plt sekda untuk menanggulangi penderita HIV AIDS di Sulteng. “Jauhi penyakitnya bukan orangnya,” tandas plt sekda.
Selain seremonial peringatan Hari AIDS, ikut diselenggarakan beberapa acara tambahan antara lain, kuis ranking satu untuk pelajar dan mahasiswa, debat boleh tidaknya pacaran, penandatanganan komitmen bersama penanganan HIV AIDS di lingkungan pelabuhan darat, laut dan udara, penanaman pohon dan penampilan suara hati waria Kota Palu.
Untuk hadiah door prize berupa tiket pp Palu-Makasar plus uang saku berhasil dimenangkan siswi SMP 17 yang berhasil menjawab pertanyaan tema Hari AIDS 2015.
Turut hadir dalam acara tersebut, Pj Bupati Tojo Unauna Abu Bakar Nophan Saleh, Kadis Perhubungam Endro Surahmat, ATD, M.Si, Sekretaris KPA dr Muslimah Gadi, forkopimda, pimpinan perbankan, GM Pelindo IV.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>