Wagub Sulteng Saksikan Penandatanganan MoU Antara BPTP Dan PT.Dongi Senoro LNG

Moh.Nasir Tula / Kiriman Humas Sulteng (22/12/2015)

beritasulteng, Banggai- Wakil Gubernur H. Sudarto, SH, M.Hum mengapresiasi penandatanganan MoU antara BPTP (Badan Pengkajian Teknologi Pertanian) Sulawesi Tengah dengan PT Dongi Senoro LNG tentang pendampingan dan pengembangan masyarakat di bidang pertanian melalui TTP (Taman Teknologi Pertanian) Batui di Kabupaten Banggai, Senin malam (22/12), di Hotel Santika.
Hadir malam itu, Direktur Korporat PT Dongi Senoro LNG Aditya Mandala, Kepala BPTP Sulteng Dr. Soeharsono, S.Pt, M.Si, Kepala Bappeda Prof. Dr. Patta Tope dan Kadis Pertanian Ir. Tri Iriani Lamakampali, M.Si.
“Saya kira sangat baik pertemuan malam ini dan semoga TTP Batui bisa menjadi pilot project (percontohan) peningkatan SDM petani,” ujar wagub dalam arahannya.
Menurut sumber BPTP, di Sulteng telah terbangun 2 taman pertanian yaitu TSP (Taman Sains Pertanian) Sidondo, di Kab. Sigi dan TPP Batui di Banggai.
Kehadiran 2 taman tersebut dipandang wagub strategis sekali guna meningkatkan produktivitas dan memberi nilai tambah komoditi pertanian dan turunannya. “Iptek adalah bagian penting karena itu inovasi dan teknologi yang dihasilkan harus cepat diadopsi,” sarannya.
Secara eksplisit wagub meminta kepala bappeda dan kadis pertanian terus memonitor dan mengawalnya. “Dengan adanya Dongi Senoro, masyarakat merasa aman dan terbantu, kalau ada keluhan artinya Donggi ngga berhasil,” canda wagub.
Menanggapinya, Direktur Korporat Dongi Senoro Aditya menegaskan komitmen perusahaan LNG untuk bersinergi baik dengan pemprov maupun pemkab dalam meningkatkan skill petani di wilayah operasionalnya. “PT Dongi Senoro ingin kerjasama dan promosikan kemitraan global dengan pemerintah daerah,” ungkapnya.
Ditanya rencana kedepan, tahun 2016 lanjutnya, program-program CSR(Corporate Social Responsibility) Dongi Senoro LNG akan semakin fokus ke pengembangan ekonomi lokal rakyat seperti pertanian dan perikanan. “Kami sudah menghasilkan kelompok binaan di Kecamatan Nambo, Kintom dan Batui,” jelasnya. “Semoga dapat meningkatkan kapasitas dan pendapatan kelompok tani,” harapnya optimis terkait kesinambungan program CSR Dongi Senoro LNG di Kab. Banggai, Prov. Sulteng.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>