Pemprop Sulteng Rapat Gelar Persiapan Gerhana Matahari

Moh.Nasir Tula (04/01/2016)

beritasulteng, Palu- Wakil Gubernur H. Sudarto, SH, M.Hum memimpin Rapat Persiapan Gerhana Matahari Total di Ruang Polibu, Kantor Gubernur, Rabu (30/12). Rapat diikuti stakeholder terkait meliputi SKPD teknis seperti Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, perhotelan, perhubungan, seniman, TNI/Polri, dan lain-lain.

Tujuan rapat untuk mengkonsolidasikan persiapan acara puncak Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016, titik-titik pengamatan, akomodasi, transportasi, rangkaian acara dan lain sebagainya.

Berdasarkan penuturan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hj. Sitti Norma Mardjanu, SH, MH, M.Si, fenomena alam tersebut dapat disaksikan dari beberapa tempat di kabupaten-kabupaten se Sulawesi Tengah seperti Parigi Moutong, Tojo Unauna, Poso dan Sigi serta di Kota Palu.

Beliau juga menambahkan akan digelar serangkaian kegiatan guna mempromosikan Sulawesi Tengah sebagai daerah destinasi wisata, mulai dari pawai budaya etnik nusantara, lomba perahu dayung, festival coklat, lomba musik bambu, fashion show dan gelar kuliner khas Sulteng.

Untuk akomodasi berupa hotel-hotel dan penginapan, sebagaimana diungkapkan GM Hotel Swissbell Palu mewakili GM Hotel Mercure dan Santika yang turut hadir pada rapat itu, sejak tahun 2013, kamar-kamar hotelnya telah di-booking oleh grup ilmuwan mancanegara melalui sebuah travel agent international bernama travel quest dari Amerika Serikat.

Tidak sampai disitu saja, mereka juga telah melakukan koordinasi yang intens dengan Pemprov, Pemkot Palu dan Pemkab sigi sejak jauh-jauh hari menyangkut titik pengamatan, rute perjalanan dan lain sebagainya agar saat tiba hari-h semuanya berjalan baik dan lancar.

Sementara itu, perwakilan Hasan Bahasyuan Institut yang turut mengikuti rapat, melaporkan bahwa pihaknya juga getol mempromosikan iven fenomena alam tersebut dengan membuat situs eclipsefestival2016.com.

Untuk lokasi sendiri mereka memilih Desa Ngata Baru sebagai pusat acara yang mana di atas lahan seluas 14 hektar akan dibangun instalasi seni oleh gabungan kru mancanegara, dijadwalkan kru tersebut akan tiba tanggal 11 Januari 2016 nanti.

Bukan itu saja, HBI juga telah melakukan pendampingan pada para warga seperti kursus Bahasa Inggris untuk kelompok anak-anak, dewasa dan orangtua sebab rumah-rumah warga nantinya akan digunakan sebagai homestay bagi para turis yang datang.

Sedang acara-acara lain yang turut akan dihelat di lokasi tersebut seperti atraksi seni, workshop dan peluncuran buku psikologi gerhana karya penulis internasional Gate Russo.

Menanggapi hal-hal tersebut, Wagub Sudarto mengingatkan panitia untuk mempersiapkan hal yang paling utama yaitu akomodasi agar jangan sampai terjadi pejabat negara seperti menteri, dan dubes-dubes negara sahabat yang tidak kebagian tempat menginap.

Hal lain yang beliau tekankan adalah masalah keamanan yang harus terus dikoordinasikan secara intens dengan TNI/Polri sebab tamu-tamu yang datang bukan cuma dari dalam negeri melainkan juga dari mancanegara.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>