Rakor Dinsos

Moh. Nasir Tula (16/02/2016)

beritasulteng, palu- Dalam rangka merumuskan strategi untuk mempertahankan hasil dan meningkatkan capaian pembangunan kesejahteraan sosial di Sulawesi Tengah, Dinas Sosial Prov. Sulteng melaksanakan Rakor dan Sosialisasi Perencanaan Program Pembangunan Kesejahteraan Sosial Tahun 2016, di Hotel Sutan Raja, Minggu (14/2).

Kegiatan dibuka oleh Plt Sekda Dra. Derry B. Djanggola, M.Si, mewakili Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si yang berhalangan hadir.

Plt Kadis Sosial Dra. Sitty Hasbia N. Zaenong, M.Si dalam laporannya mengatakan tema kegiatan yang diambil adalah “Melalui rapat koordinasi dan sosialisasi perencanaan tahun 2016, Kita bangun sinergitas program antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial”

Rakor akan berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 14 s/d 18 Februari 2016 dengan peserta adalah pejabat eselon III dan IV dari dinas sosial provinsi dan kabupaten/kota se Sulteng.

Materi-materi rakor yang dibawa para narasumber antara lain, tentang arah kebijakan pembangunan kesejahteraan sosial tahun 2017, mekanisme pengelolaan dana dekosentrasi, peranan BPJS dalam menanggulangi masalah kesejahteraan sosial dan lain-lain.

Melalui sambutan gubernur yang dibaca Plt Sekda, Gubernur Longki Djanggola mengingatkan peserta rakor akan masalah-masalah sosial yang bisa mengganggu pembangunan bila tidak ditangani secara komprehensif.

“Kemiskinan, keterlantaran, ketunaan sosial, keterpencilan, kecacatan, akibat bencana alam dan akibat bencana sosial, yang subyeknya dikenal dengan istilah penyandang masalah kesejahteraan sosial dapat menjadi duri bagi pembangunan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Dinas Sosial diimbuhnya mesti menjadi garda terdepan mengatasi masalah-masalah kesejahteraan sosial sehingga penyandangnya dapat diterima kembali oleh masyarakat.

“Saya mengharapkan adanya kreatifitas dan inovasi saudara-saudara sekalian terhadap program-program kegiatan sehingga permasalahan sosial dapat tertangani secara terpadu, terarah  dan berkesinambungan,” imbuh Plt Sekda.

“Mari kita berinovasi dalam rangka menyusun program,”lanjutnya mengajak kepada seluruh peserta.

Dalam pembukaan rakor yang juga dihadiri oleh pejabat dari Kementerian Sosial RI, Toto Riswanto, Plt Sekda menyampaikan masukan kepada pihak kementerian agar lebih meningkatkan alokasi anggaran bagi pembangunan bidang kesejahteraan sosial di Sulawesi Tengah.

“Dengan begitu, akan dapat meningkatkan jangkauan pelayanan kepada masyarakat Sulawesi Tengah,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Toto Riswanto menyerahkan secara simbolis bantuan 2 unit mobil operasional dan 1 motor kepada dinas sosial provinsi serta masing-masing 1 unit mobil yang serupa kepada Dinas sosial Kabupaten Parigi dan Dinas Sosial Kabupaten Tojo Unauna.

Bantuan kendaraan operasional tersebut diterima oleh Plt Sekda Derry Djanggola lalu diteruskannya kepada Plt Kadis Sosial Sitty Hasbia N. Zaenong.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>