Gubernur Sulteng Melantik 6 Bupati/Wakil Bupati Dan Walikota/ Wakil Walikota Palu

Gubernur Sulteng H. Longki DJanggola memberikan tanda pangkat ke wali kota palu terpilih Drs. Hidayat, M.Si Dan Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said (Pasha Ungu), Foto : Rabu/17/02/2016 Foto : Nasir Tula

Moh Nasir Tula (17/02/2016)

beritasulteng, Palu- Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si resmi melantik pasangan Walikota dan Wakil Walikota Palu Periode 2016-2021, Drs. Hidayat, M.Si dan Sigit Purnomo bersama dengan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih lainnya, hasil Pemilukada serentak 2015 yang lalu, pada Rabu (17/2) di Halaman Pogombo, Kantor Gubernur.

Nama-nama bupati-wakil Bupati yang dilantik adalah Moh.Lahay, SE dan Admin As. Lasimpala, S.Ip (Tojo Unauna), Moh. Saleh Bantilan, SH dan H. Abd. Rahman Hi. Budding (Tolitoli), Drs. H. Wenny Bukamo dan Hj. Tuty Hamid (Banggai Laut), Moh. Irwan, S.Sos, M.Si dan Paulina, SE, M.Si (Sigi), Darmin Agustinus Sigilipu dan Ir. Samsuri, M.Si (Poso) dan Ir. Aptripel Tumimor, MT dan Moh. Asrar Abdul Samad (Morowali Utara).

Usai dilantik, para kada (kepala daerah) kabupaten/kota menandatangani pakta integritas yang memiliki 2 tujuan. Pertama, untuk mendukung sepenuhnya gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di provinsi dalam pembinaan dan pengawasan umum/teknis terhadap penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Kedua, untuk mensinergikan dan mengintegrasikan agenda prioritas nasional dan agenda prioritas pemerintah daerah provinsi ke dalam agenda pemerintah daerah kabupaten dan kota.

“Saya minta untuk melaksanakan sebaik-baiknya amanah yang telah diberikan masyarakat dengan terus mengupayakan terciptanya kesejahteraan dan kemakmuran masyrakat di kabupaten/kota yang saudara pimpin,” imbuh Gubernur Longki Djanggola dalam sambutannya.

Lebih lanjut, gubernur meminta bupati dan walikota membangun kerjasama yang solid dengan wakilnya jangan sampai bercerai berai. “Bangun kerjasama yang solid dengan wakilnya, ciptakan keharmonisan dan hilangkan rasa ego,” harapnya.

Sedangkan kepada pendamping para bupati-wabup dan walikota-wawali Palu baik istri maupun suami, juga diimbuh gubernur supaya tidak mencampuri urusan-urusan pemerintahan yang dijalankan. “Seorang pendamping agar senantiasa memberikan dukungan moril secara optimal,” pungkasnya.

Namun sayangnya, pasangan bupati-wabup terpilih dari Kabupaten Banggai, Erwin Yatim dan Mustar Labolo belum dilantik, dikarenakan akhir masa jabatan Bupati-Wabup Banggai periode sebelumnya baru akan berakhir pada 8 Juni 2016 mendatang. “Untuk proses pelantikan menunggu aturan dan petunjuk dari Menteri Dalam Negeri,” jelas gubernur dalam sambutannya.

Acara pelantikan pagi itu dipadati oleh ribuan undangan yang diprediksi mencapai tiga ribuan orang akibatnya keamanan keluar masuk lokasi acara juga ikut diperketat.

Selesai pelantikan, acara lalu dilanjutkan dengan pelantikan Ketua TP-PKK Kota dan Kabupaten di Gedung Pogombo, Kantor Gubernur

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>