by

Diduga Korupsi, Pemdes Kayu Jati Bakal Didemo Warga

Laporan : Ahmad Hidayat

PARIMO, Beritasulteng.com- Warga Desa Kayu Jati, yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Pembangunan Desa (AMPPD) Kecamatan Ongka Malino, Kabupaten Parigi Moutong (PARIMO), Provinsi Sulawesi Tengah (SULTENG), rencananya akan melakukan aksi Demo di Kantor Desa Kayu Jati, dan di Kantor Kecamatan Ongka Malino. Aksi tersebut dilakukan terkait adanya dugaan korupsi Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) yang diperankan oleh sejumlah oknum aparat Desa setempat.

Hal ini diungkapkan Nasar Pakaya, selaku koordinator aksi kepada Media ini, via pesan WhatsApp (WA), Selasa (26/2). Aksi yang bakal dilaksanakan pada Rabu 27 sampai dengan Kamis 28 Februari itu kata dia, dikarenakan rasa geram warga terhadap ulah sejumlah oknum aparat Desa, yang menurut dugaan telah melakukan praktek Korupsi.

Nasar Pakaya, Koordinator Aksi. (Foto/Ist)

“Kami menemukan adanya dugaan praktek Korupsi terhadap DD dan ADD Desa Kayu jati,”. ungkapnya.

Dugaan tersebut kata dia, berkaitan dengan sembilan kegiatan desa yang anggarannya bersumber dari DD, ADD, dan diduga menimbulkan kerugian Negara sekitar Rp400 Juta.

Dalam aksi yang bakal dilaksanakan itu tambah Nasar, pihaknya akan menuntut beberapa hal yaitu, meminta Bupati Parimo, Samsurizal Tombolotutu, agar segera menurunkan tim terpadu guna melakukan audit, dan investigasi DD dan ADD Desa Kayu Jati tahun anggaran 2018, mendesak kepada Aparat Penegak Hukum (APH) Kabupaten Parimo untuk segera menangkap Camat Ongka Malino, Sekretaris Desa (Sekdes), Bendahara, dan Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKDes) Kayu Jati. Meminta Camat Ongka Malino untuk mempertanggungjawabkan DD dan ADD tahap III sekitar Rp380 juta, serta meminta agar Kepala Desa (Kades) Kayu Jati, segera mencopot Sekdes dan Bendahara desa tersebut.

“Jika hal ini tidak ditindaklanjuti dan tidak diusut tuntas oleh APH, maka Kami akan melakukan aksi pemblokiran jalan Trans Sulawesi Kecamatan Ongka Malino,” tegas Nasar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed