by

Disdikbud Parimo Target Juara Pada OSN di Provinsi

PARIMO, Beritasulteng.com- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), menargetkan dapat meraih juara pada pelaksanaan OSN jenjang SMP di Provinsi Sulteng, agar dapat menjadi salah satu daerah perwakilan ditingkat nasional nantinya.

Hal itu diungkapkan, Jalaludin, Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Parimo, yang ditemui Berita Sulteng, usai pelaksanaan OSN di SMP Negeri 2 Parigi, pekan kemarin.

Dia mengatakan, untuk mempersiapkan itu pihaknya telah melaksanakan OSN tingkat kabupaten yang diikuti 86 sekolah, dengan jumlah peserta sebanyak 253 siswa. Meliputi peserta dengan mata pelajaran Matematika sebanyak 86 siswa, IPA 85 siswa, dan IPS 83 siswa.

Menurut dia, hasil dari pelaksanaan OSN tingkat Kabupaten Parimo nantinya, akan mewakili Kabupaten Parimo pada tingkat Provinsi Sulteng. Tetapi nantinya, pihaknya bukan hanya akan membawa peserta peraih juara pertama saja.

Namun, juga memberikan kesempatan kepada peserta peraih juara dua dan tiga, ikut pada OSN tingkat provinsi nantinya.

”Karena bisa jadi saat mengikuti OSN ditingkat kabupaten, peserta peraih juara dua dan tiga tidak fokus, sehingga hasilnya tidak maksimal. Jadi kami kasih kesempatan lagi, sebab tidak menutup kemungkinan mereka bisa memperbaikinya di OSN tingkat provinsi,” jelasnya.

Dia menambahkan, terkait peserta peraih juara dua dan tiga yang diikutkan pada OSN tingkat provinsi nanti, telah dikoordinasikan pihaknya dengan menanggulangi biaya akomodasi dan transportasi peserta.

Melihat pengalaman OSN tingkat provinsi sebelumnya kata dia, peserta yang mewakili Kabupaten Parmout sempat meraih juara dua untuk mata pelajaran IPA.

Sehingga, pihaknya  berupaya pada tahun 2019 ini, dapat meningkatkan prestasi hingga ke juara pertama agar dapat mewakili Sulteng ke OSN tingkat nasional.

“Kami berharap, hasil tahun ini jauh lebih baik lagi untuk semua mata pelajaran pada OSN. Supaya Parimo yang dapat mewakili Sulteng ditingkat nasional mendatang,” tuturnya.

(Safira/Beritasulteng.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed