by

Temuan 140 Juta, BPBD Parimo Diminta Kembalikan Kerugian Negara

Laporan : MF H Ishak

 

PARIMO, Beritasulteng.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) dimintakan untuk melakukan pengembalian ke kas Negara sebesar RP140 juta atas temuan dalam pengelolaan belanja ditahun 2017 kemarin.

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI), memberikan kebijakan kepada pihak BPBD selama 60 hari kalender untuk  pengembalian ke kas negara atas temuan tersebut, dan tenyata hingga kini masih bergulir Bahkan, polemik yang dianggap merugikan negara itu masuk dalam penanganan pihak penegak hukum.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD, Arifin Amad, telah dipanggil oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Parigi untuk diperiksa.

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Parigi, Mohamad Tang yang dikonfirmasi membenarkan pemeriksaan pihak kejaksaan terhadap kepala BPBD Parimo, Arifin Ahmad.

”Kami sudah periksa yang bersangkutan sebanyak tiga kali, sejauh ini proses pengembalian masih kami serahkan ke pihak TPTGR,” ujar Tang.

Sejauh ini kata dia, pihaknya masih menggunakan sistem prefentif atau penyelamatan uang negara. Namun, jika yang bersangkutan tidak memenuhi batas waktu dari Tim Penyelesaian Tagihan Ganti Rugi (TPTGR), maka pihaknya akan melanjutkan penyelidikan temuan tersebut.

Ditanyakan soal keterkaitan TPTGR yang dianggap bisa melemahkan hukum pidana, Tang dengan guyonnya mengatakan nanti dilihat saja progres kasus itu.

Kepala BPBD Parimo, Arifin Ahmad yang dikonfirmasi media ini via telepone genggamnya, mengakui terkait temuan BPK atas penyalahgunaan belanja dana yang tidak terduga untuk kegiatan bencana alam tahun 2017 kemarin.

“Saya sudah tiga kali dipanggil oleh jaksa untuk memberikan keterangan,” ujar Arifin.

Menurut dia, berkaitan dengan progres pengembalian ke kas daerah, pihaknya diberikan kebijakan lewat TPTGR Inspektorat Parimo. Bahkan, untuk memenuhi proses itu pihaknya beserta bidang yang menjadi objek temuan, menjaminkan kendaraan pribadi masing-masing.

“Untuk realisasi pengembaliannya saya lupa,” ungkapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed