by

Usulan BOS SD Dua Parigimpuu Belum Milik Kejelasan

Laporan : Akil

PARIMO, Beritasulteng.com– Pengusulan Bantuan Dana Operasional Sekolah (BOS) SD Dua Inpres Parigimpu tahun anggaran 2019 belum miliki kejelasan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Sekolah SD Dua Inpres Parigimpu, Maksum Maharil, kepada media ini (23/1). Dana Bos yang diusulkan kata dia, belum ada kejelasan tentang realisasinya.

“Kami telah menyerahkan data terkait pengusulan sejak tahun 2018 lalu ,” katanya.

Kata Maksum Maharil, sekolahnya sudah melengkapi data dapodik sebagai syarat pengusulan dana BOS, yang mana data tersebut disampaikan langsung ke Kementrian Pendidikan melalui situs resminya.

Dapodik yang disampaikan lanjut dia, berisi jumlah siswa Sekolah Dasar Dua Inpres Parigimpuu yang berjumlah 134 siswa. Pada tahun 2018 jumlah siswa baru sebanyak 22 orang, ditambah dengan dua orang pindahan dari sekolah lain.

“Dana BOS tahun lalu senilai Rp104 juta lebih dengan pembagian Rp.800 ribu per siswa per tahun,” jelasnya.

Selain itu lanjut Maksum, penggunaan dana BOS tersebut dibagi dalam empat triwulan. Pada triwulan pertama, difokuskan untuk pengadaan lemari buku, dan alat tulis kantor (ATK). Pada triwulan ke dua dikhususkan untuk pengadaan pengamanan jendela terali besi.

Penggunaan dana BOS Pada triwulan ketiga untuk pengadaan laptop dan infokus, serta pada triwulan empat untuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Sedangkan untuk dana BOS tahun 2019 ini kata dia, diwacanakan untuk pengadaan buku sekolah, dan pengadaan kembali pengamanan jendela teralis besi.

“Adapun kendala yang kami temui adalah pencairan dana BOS yang terlambat dari pemerintah seperti tahun lalu,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong, Ince Pina, mengatakan apabila Dapodik yang sesuai dengan aturan telah diterima oleh pihak Kementrian Pendidikan, maka akan ada informasi lanjutan untuk penerimaan dana BOS langsung dari Kementrian.

Untuk pencairan dana BOS yang terlambat kata dia, terjadi apa bila laporan pertanggungjawaban dari sekolah terlambat dilaporkan, ataupun tidak mendapat bantuan sama sekali bila tidak memenuhi syarat dapodik.

Maksum Maharil berharap, agar usulan dana BOS sekolah mereka segera mendapatkan kejelasan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed